Tips Yamaha Jupiter MX Aplikasi Karburator PE 28

Posted: 15 Oktober 2010 in Informasi, Teknologi, Tips
Tag:

Kalo sampeyan Pengen Motor sampeyan jadi kueenceng poooll..,monggo Ikuti Tips  penerapan dan pemasangan karbu keihin PE 28 / honda NSR SP,  di bebek super Jupiter MX 135 LC  andalan pabrikan berlambang Garputala ini butuh beberapa penyesuaian. Terutama pada bagian intake manifold-nya. “Kalau pakai PE 28, mesti pakai intake manifold yang model karet . Karena karbu asli MX135 pemasangannya kan pakai baut  kayak di motor bebek umumnya,”

Jenis karet intake yang dimaksud untuk PE 28 banyak kok, dijual di pasaran. Harganya Rp 70-80 ribuan. Tapi tak cukup sampai di situ saja lo. Sebelum memasang karet intake tadi, mesti diganjel adaptor dulu setebal 5-6 mm dengan bentuk yang dibuat agak miring.

“Sebab posisi dudukan atau lubang baut buat karbu standar di leher angsanya tidak lurus vertikal. Kalau langsung pasang karet manifold, nanti posisi karburatornya jadi miring ke bawah. Sehingga arah flow bahan bakar jadi melengkung,”

Adaptor ini bisa dibuat di tukang bubut. Biayanya Rp 50-60 ribuan. Selain itu jika pakai karbu ini, filter udara bawaan motor mesti dipensiunkan. Gantinya filter racing. .  di-setting karbu sesuai kondisi mesin Jupie MX Anda.

Oh iya,  kalau mesin masih standar..dar..dar, kombinasi pilot jet dan main jetnya pakai 38 (pj) dan 112 (mj) atau 115. Sementara untuk yang sudah bore-up atau korek inlet serta exhaust port-nya, pj dan mj umumnya naik 1-2 step. Tapi tetap mesti dilakukan trial and error untuk dapat hasil pembakaran yang optimal.

by: Hanggoro Speed
Email : Hanggoroaririmbono@yahoo.co.id

About these ads
Komentar
  1. dwi mengatakan:

    lah kabel TPS-nya gmn???? trus kipas radiator fungsi g?

  2. savrol mengatakan:

    mas aku dah pake karbu pe 28 yg TDR punyatrus mj/mj nya dah aku ganti ama 38-115..!!
    tpi tetep ada brebetnya mas di putaran ats pas masuk gigi 4..!!
    knapa ya mas..?
    apakah pengaruh jarum skep yg ga bisa disetting di karbu PE 28 TDR…?
    minta saran mas..?

  3. niyo mengatakan:

    om…
    klo tanda kagak pas MJ&PJ nya tuh apa selain dari busi…???hahahahaha

  4. ardy mengatakan:

    ane pk karbu PE28 juga kok, mesin std ting2. cuma knalpot aja pk AHM pendek udah mumpuni bgt dgn pj/mj 38/95
    tapi masih bau bensin juga
    ini rencana mau turun pj jadi 35
    mungkin bisa jadi acuan. thnx :)

  5. Zoel mengatakan:

    klo karbu pwl 28 pake pj mj brp? untuk mx standar…..

  6. rizal mengatakan:

    ane juga sama gan, baru ganti karbu pake pe 28,knalpot sama cdi racink ajah, tapi karbunya kurank maksimal gan,, harus di gimanain gan?????

  7. Ipank mengatakan:

    Om,saya pke new MX saya pasang karbu keihin PE 28,tpi tarikanny kurag kenceng nich,& lo gigi 4 mrebet.
    Itu apny za om?
    Ap setelan karbu,ap CDI,ap knalpotny?
    Salny smua msh standar,cma gnti karbu doank.
    Tolong bantuin om,,,

  8. Lutfi Aditya mengatakan:

    mxQ pke PE28mm jan maknyus bgt,,,mtr standar, koil ganti YZ125, CDI ganti punya rextor, satria standar, megapro di libas hbs,,,,

  9. Riki mengatakan:

    klo jupiter mx bore up pake vixion, trus karbunya pake pwl26, settingan pj/mj nya berapa. trus berapa putaran angin.

  10. metal mengatakan:

    alah ssh pke leher carbu mx bru sdh tnggl psang gda mw d otak atik,

    harga hnya,30Rp

  11. metal mengatakan:

    pke koil YZ-125

    yar g bau bensin lg..

  12. danang mengatakan:

    kalo membuat sepeda mx larixa kenceng tp bensin lumayan irit pake karbu ap….

  13. yantokui mengatakan:

    saya pakai keihin pe 24 d new jupiter mx.mj/pj 100/48 brebet bngt trus warna busi item bngt sm lubang knalpotny ja .ukuran brp y yg pas .mhon pencerahanya.

  14. andy mengatakan:

    saya binggu pe akuw pasang die mx berebet truzt,,,,,gmana cara ngatasin;a gan

  15. zenth mengatakan:

    maaf gan ane masih noob,mau tny nih..
    motor ane jupiter mx baru taun 2012..kalo ane mau maen karbu standart aj,tp ganti filter udara misal pny koso ato k&n pengaruh ngga k performa?
    trus byar bisa maksimal performa karbu standart di seting gmn?

    ane uda maen beberapa piranti yang cm plug and play :
    CDI BRT-dualband
    coil andrion
    busi denso iriduim power
    sisanya standar…dar….dar….

    power motor ane bagus di 1st and 2nd gear aj..
    1st -40kpj
    2nd-70kpj
    3rd-90kpj
    dr 3 ke 4(power tiba2 ilang)
    4th-105kpj
    5th-105kpj(ngga naek)

    dan anehnya motor aneh borosnya luar byasa,1lt : 27-30km aj(padahal ane pake pertamax)
    mohon bimbingannya gan ^^V
    thx before…

    • hanggoroaririmbono mengatakan:

      ganti cdi,koil,filter…,pengaruhnya ndk signifikan bro….,biaya mahal kenaikan tenaga ndk seberapa…,saran sy..,pakai paket bore up silinder 60 mm,ada merk tdr,x1r dll. makin mahal makin bagus kualitasnya hrg 600-1jtan, kenaikan tenaga dijamin lebih besar dr yg bro lakukan, wlau cm bore up aja, tanpa ganti cdi,tnp poorting dll kenaikan ckup signifikan

    • joel mengatakan:

      setahu aku klo CDI BRT gak support ama KOIL Racing, tapi malah diharuskan pake KOIL STD (standar bawaan motor), mungkin dari situ letak permasalahannya, coba balikin pake KOIL STD, klo power drop dari gigi 3 ke gigi 4 coba ganti ukuran gir belakang agak besar satu tingkat, misal dari 38 ke 39, biar tarikannya lebih enteng.

  16. Daniel.A mengatakan:

    Om Hanggoro…spek NewMX ane
    1.CDI rextor
    2.Koil yz125
    3.BUsi Nology Silver
    4.knalpot R9
    5.Blok Vixi
    6.NOken CLD 280
    7.per klep CLD

    rencana mao pakai Keihin PE26 Jepang..ukuran PJ 38/40 and MJ 110-115 skitar sgitu ga ya??
    thanks

  17. wenda's mengatakan:

    ane punya jupiter mx 2010
    -plat+per kopling TDR
    -CDI bRT
    -knalpot AHAU
    -busi TDR balistic
    -karbu MIKUNI PE28
    -boring+piston TDR60mm
    -noken as KAWAHARA
    powernya ajib banget
    bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s