Teknologi Yamaha YZF-R15 sama dengan Vixion

Posted: 23 September 2010 in Tips

Yamaha YZF-R15 itu sekitar 20 – 22HP (feeling gue pasti dibawah 20HP laagh… paling banter 17 HP on the wheel), gue mau membedah technology yang diusung neh motor…!!! Walau sebenernya… nggak baru-baru amat… sudah diimplementasikan juga di Yamaha V-ixion…!!! Pertama, adalah liquid cooled engine. Gampang penjelasannya adalah… sewaktu engine bekerja, maka suhu engine akan meningkat… sehingga butuh cooling system supaya performancenya nggak drop…!!! Nah liquid cooled tuh lebih efektif daripada air cooled (pendingin udara). Seringkali engine yang mempunyai liquid cooled lebih tinggi compression ratio dibandingkan air cooled.. thus pasti performance nya lebih oke…!!!😀

Feature kedua yang diusung adalah 4 valves per cylinder…!!! Hal ini yang membedakan dengan konvensional valves yang mempunyai 2 valves..!!! Saat ini ada juga beberapa motor yang menggunakan 3 valves percylinder…!!! Dan engine 4 valves percylinder akan mengeluarkan power yang lumayan pada RPM yang tinggi…!!! So.. gampangane…. pancale bakalan buaanter…!!!

Fuel Injection merupakan hal ketiga yang perlu dipertimbangkan..!!! Injection memang nggak serta merta meningkatkan power. Namun injection akan sangat mempengaruhi lumayan signifikan response dari engine yang menggunakan injection ini. Pada R15, motor ini menggunakan 6 holez injectorz…!!!

Forged piston juga akan mempengaruhi performance…!!! Ditanya kenapa ??? Karena forged piston khusus dibuat dan kualitasnya lebih bagus dibandingkan cast piston yang nggak begitu tahan pada suhu yang amat tinggi..!!! Yamaha sudah sejak tahun 1997 mengembangkan ‘Controlled Forged Technology’ atau CF technology, dalam artian dapat mengembangkan forged piston dengan cost yang murah…!!!😀

DiAsil Engine Cylinder, singkatan dari ‘Die-Casting Alumunium Silicon’ yaitu menggunakan bahan 20% silicon alumunium alloy…!!! DiAsil Engine Cylinder ini lebih baik kualitasnya dibandingkan conventional liner steel engine…!!! Yup.. karena 60% lebih bagus dalam membuang panas (cooling performance) daripada engine cylinder conventional. Disamping itu 30% lebih ringan daripada yang conventional…!!! Teknologi ini sebenernya sudah ada sejak tahun 2002… dan bukan barang baru…!!! Oleh karena itu… kagak bisa sembarangan diboreup… !!!😀

Delta Box Frame,… banyak pabrikan yang menerapkan hal ini…!!! Pabrikan Italy juga banyak yang nerapin…!!! Berbeda dengan frame konvensional baik berbentuk single atau double downtube, delta box frame lebih mempunyai ‘rigidity balance’ yang lebih baik daripada frame konvensional…!!! Gunanya buat apaan ??? Yagh… buat handling yang lebih baik… !!! Sisanya yaagh… standard seperti disc brake buat depan dan belakang dan transmisinya mempunyai 6 speed percepatan…!!! (daftar pustaka: Internet)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s