Upgrade performa Yamaha Jupiter MX Blok Silinder TDR 60 mm

Posted: 5 Oktober 2010 in Teknologi
Tag:

Dari Upgrade yang telah dilakukan didapat hasil sungguh mengezutkan!, aduhai..  Tenagane bener2 semlohai & zemog he2 nyuwun pangapunten...19,02 dk/10.200 rpm, Lumayan untuk kejar-kejaran bersama teman2 sewaktu pulang dari kantor, atau setelah pulang sekolah..wkwkwk, ( safety riding Bro ) , hasil trsbt meningkat jauh dari standarnya yang hanya 11,33 dk/8.500 rpm. Sedang torsi dari 11,65 Nm/5.500 rpm meningkat jadi 14,96 Nm/6.700 rpm.

Artinya terjadi kenaikan tenaga 7,69 dk! Sedang torsi naik 3,31 Nm. Pantas saat dites jalan oleh Mr. Testo, kecepatan puncak di spidometer bisa tembus 160 km/jam! Weleh…

Nah ubahan apa saja yang dilakukan, Mari bedah bersama.

Blok dan Kepala Silinder

Langkah pertama dibore-up. “Kebetulan kami punya paketnya dengan piston 60 mm, sehingga kini jadi 165,88 cc,”  dan pemasangannya tinggal plug & play. Lalu bagian kepala silinder lubang masuk dan buang diporting dan polish. “Khusus yang in ada pembesaran diameter 1 mm,”

Karburator dan Knalpot

Pencampur bahan bakar dan udara mengandalkan Keihin PE28, dengan kombinasi spuyer pilot jet dan main jet 42/102. Namun menurut grafik hasil dyno, terdeteksi bahwa ukuran pilot jet masih terlalu besar, paling tidak harus turun satu tingkat. Sedang knalpot diganti tipe free flow agar pembuangan lancar, sehingga tenaga bisa keluar maksimal.

Pengapian

“CDI ganti pakai yang berapi lebih besar dan limiter lebih tinggi,”. Terbukti saat didyno bisa tembus di atas 10.000 rpm, standarnya 9.500 rpm saja sudah mbrebet. Kelemahannya, dengan CDI ini kipas radiator tak bisa bekerja.

Koil juga diganti yang mampu melipatgandakan tegangan lebih besar dari standarnya. Lalu diumpankan pada busi keluaran terbaru yang berteknologi twin iridium.

Kopling dan Transmisi

Kampas dan per kopling diganti lebih kuat, dengan tujuan agar tenaga tersalur sempurna ke roda. “Kampas dan per standar terlalu lembek, kalau tak diganti rawan selip,” papar pria berambut pendek ini.

Bagian transmisi juga diubah, karena bagian ini yang juga banyak dikeluhkan penggunanya. Caranya rasio gigi 4 diperingan agar selisih dengan gigi 3 tak terlalu jauh. Efeknya saat pindah gigi putaran mesin tak terlalu drop.

1. Paket bore up TDR 60 MM
Rp. 725.000

 

 

2. Karbu Keihin PE 28

Rp. 750.000

 

 

3. Knalpot TDR

Rp. 660.000

 

 

4. CDI TDR New Editon

Rp. 940.000

 

 

5. Koil TDR
Rp. 150.000

 

 

6. Busi Twin Iridium

Rp. 125.000

 

 

7. Kampas dan per kopling TDR

Rp. 175.000

 

 

8. Rasio gigi 4 (21 mata)

Rp. 200.000

 

 

9. Jasa

Rp. 300.000

 

 

Total

Rp. 4.025.000

by: Hanggoro Speed
Email : Hanggoroaririmbono@yahoo.co.id

Komentar
  1. Mr. Darkness mengatakan:

    sy sangat senang dg info yg berguna bwt pengguna MX,sbelumx motor sy Mx tp dah dijual tp dg info ini sy pingin beli MX lg,…
    bro mau tanya ada tidak Bengkel Cabangx di Surabaya??thanx brother…

  2. faul cah Pati mengatakan:

    Pingin sih tp kok g punya duwit segabrek kyk gt boss,Q punya jup mx standart tapi top speednya dah lumayan 125km/jam yah kuat ngintili satria fu klu lop,perubahan hanya pada kampas kopling dan per kopling untuk kampas kopling msh pakai bawaan dari pabrik cuma Q tambah 1 kampas tapi kapasnya dah Q gerenda halus sebelahnya jdnya cm setengah.per koplingnya Q ganti per kopling TK,biar pingapian pada koil stabil Q pakai 9power 2biji diujung koil dan diujung cop busi dan busi Q pakai TDR yg belum spr iridium,mau beli yg spr iridium mhl boss.hehe rencana mau ganti cdi BRT IMAX kira2 top speed kuat 135km/jam g ya???

  3. augoong mengatakan:

    MXku Standar pabrik cuman buka filter bisa nyampe 130 km/jam, kdang2 kalo lagi fress bisa nyampe 140 km/jam……
    tapi rasanya kok masih kurang, enknya ganti ap Gan…??
    klo cumn gnti CDI ngaruh brapa persen Gan…..??

  4. kiki mengatakan:

    mau tanya .sya pnya mx udah pake blok TDR 58,5 nok as kawahara k1 gerusan,karbu pake rx-king,knalpot pke cld ,cdi pke brt dualband. tapi ko stang seher mx sya ini gampang bgt kena ya (oblak).????
    apa mungkin kompresi yg terlalu gede,jadi stang seher gk kuat nahan.???
    mohon pencerahannya mas bro…

  5. jegest mengatakan:

    mw tanya bos,, saya punya mx 2009,ud pake blok vixion ,nok as vixion ud di modif,stroke up 3mm, knalpot pakai creampie,cdi pke brt power max,karbu tdr pe28,,. sebelum di stroke up mx sya bisa topspeed 140 km/jam,, tp setelah di stroke up tetep topspeednya 140km/jam,, bedaanya cuma tarikan bawahnya lebih respon,, untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus pakai perbandingan gir depan:blakang berapa bos??? mohon pencerahannya,,..

  6. hadi nugraha mengatakan:

    kalo kirim gigi rasio bisa gk gan?

  7. didi mengatakan:

    pake blok tdr 60mm kompresi’y jadi berapa om??apa aman buat harian yg jarang minum petramax..
    kalo mmang ketinggian,gmana cara nurunin kompresi om?
    satu lg om..karbu standar masih bisa dpake gak?..mslah’y dana trbatas nih..
    thanks..

  8. Yohanes Erlangga mengatakan:

    klo mx sdh pakai bore up TDR 60 mm buat harian kira-kira aman gak ya bro.
    mohon penjelasannya.

  9. agus mengatakan:

    lok cuma ganti blok tdr 1 set kira2 nambah berapa cc gan?

  10. adit mengatakan:

    aku ud pke kas tdr 60 bro.. mw pake pe 28 brp mj pj nya biar bisa langsam yah ?

  11. wayan mengatakan:

    gan, seumpama cuma ganti blok silinder punya tdr yg 60mm, apa udah besar pengaruhnya ama speed?

  12. wayan mengatakan:

    oh iya bro, katanya air radiator kadang rembes, pas make blok TDR,apa bener?
    trus kalo ia, solusinya gmna bro..??

  13. Yohanes Aditya mengatakan:

    Halo agan, melihat blog nya mungkin agan berpengalaman tentang spek dan mesin , saya mau nanya aja mungkin ilmu ane bisa bertambah kalo agan sharing ke saya , ada yg mau saya tanyakan nih gan.
    spek mx saya :
    Knalpot custom by jethot
    2power 2 biji
    Cdi brt dualband r/k
    Pj naik 1 , Mj naik 1 step
    Kampas & per kopling TDR dan Cld
    per klep ganti
    noken as faito turbo
    Porting polish
    Gear depan faito 15 mata , gear blakang aluminium sss 44 mata
    Open filter
    Oli motul 5100
    Bensin slalu pertamax +
    Yang menjadi pertanyaan ane yg pertama : apakah dengan perubahan sperti itu top speed didapat 130 km/h sudah wajar ? Atau tidak wajar….
    …..
    Pertanyaan kedua :Rencananya ane pengen mengganti piston 60mm milik X1r, …..kira” jika ditambahkan dengan Blok X1r apakah top speed akan bertambah signifikan ? Trima kasih gan di tunggu jawabannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s