Efek Ganti CamShaf Gendut pada Karakter Motor

Posted: 30 Oktober 2010 in Informasi, Pengetahuan, Tips
Tag:

Kalo Montor Sampeyan mau ganti Noken As Endut alias Montog & Zemog tapi cm buat harian lebih baik jangan.
Modifikasi cam lobe sing lebih Endut dapat merubah karakteristik mesin motor cukup signifikan, yang tadi tarikan yahud jd agak lelet hehe2 bcanda….,bgini Kebanyakan noken aftermarket disiapkan untuk mesin kompetisi yang dipacu di rentang RPM tinggi. Jika anda menggunakannya untuk harian, anda akan kehilangan torsi di putaran bawah. Akibatnya, anda harus memutar grip gas lebih lebar untuk melakukan akselerasi ringan. Artinya, bensin yang dibutuhkan akan lebih banyak. Dan motor anda akan menjadi boros bahan bakar.

namun jika anda menggunakannya untuk kompetisi, sah-sah saja. Karena dalam balapan hampir sebagian besar trek akan dilalui dengan membuka penuh grip gas. Jadi, mesin akan selalu bekerja di kitiran yang tinggi.

Prinsipnya, noken dengan durasi bukaan yang lama akan menurunkan tekanan kompresi(klep tertutup beberapa derajat setelah piston sampai TMB pada langkah hisap), sehingga memungkinkan mesin berputar dengan RPM yang lebih tinggi tanpa kelebihan tekanan kompresi yang berpotensi mengakibatkan knocking. Sehingga peak power akan bergeser pada RPM yang lebih tinggi. Hasilnya, power yang dihasilkan akan lebih besar.
Lalu noken berdurasi pendek akan menutup klep lebih dini(saat piston lebih dekat dengan TMB) sehingga tekanan kompresi yang dihasilkan cukup besar pada putaran rendah. Dengan demikian, torsi yang dihasilkan akan menjadi sangat besar pada RPM rendah. Akan tetapi, seiring meningkatnya RPM mesin, maka tekanan kompresi akan semakin meningkat dan pada titik tertentu, tekanan akan terlampau tinggi dan menyebabkan knocking pada RPM tinggi.

Jadi hal-hal tersebut yang perlu anda pertimbangkan sebelum mengganti noken.

jika ingin mendapatkan kedua karakter tersebut(torsi dan power rata pada tiap RPM) sekaligus, anda perlu VTEC seperti milik honda Jazz.. . Hehehe.. .

Semoga bermanfaat dan hati-hati dijalan.. . ^_^

NB: untuk memaksimalkan power di RPM tinggi dengan noken kompetisi, gunakan CDI tanpa limiter.
konsultasi

Email : Hanggoroaririmbono@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s